Selasa, 22 Juli 2014

Harvest Moon Grand Bazaar : Weather (Cuaca)

Cuaca Sehari-Hari

Ada beberapa macam cuaca dalam Grand Bazaar, dan setiap jenis cuaca ini akan berlangsung ketika kamu bangun tidur sampai kamu tidur lagi. Tidak ada cara untuk memprediksi cuaca yang akan datang besok, karena dalam game ini tidak tersedia televisi, radio, ataupun orang tua yang akan mengatakan cuaca yang akan kamu hadapi keesokan harinya.

Untuk mempelajari cuaca yang sedang terjadi, lihat jam di sisi kanan bawah dari layar atas. Di  samping jam, ada ikon yang menunjukkan cuaca sekarang. Cuaca cuacanya sebagai berikut : Sunny (cerah), Cloudy (berawan), Rainy (hujan), Stormy (badai), Hurricane (topan), Snowy (bersalju), dan Blizzard (badai salju). Cuaca ini tidak akan berubah selama 1 hari. Cuaca yang terjadi ketika kamu bangun tidur adalah cuaca yang sama ketika kamu tidur kembali.

Ikon cuaca juga menunjukan lambang segitiga biru di sisi kiri. Segitiga ini menunjukkan kekuatan angin untuk hari tersebut. Kekuatan angin sangatlah penting saat kamu sedang mengolah bahan di windmills. Lebih kuat anginnya, lebih cepat proses barang yang kamu buat selesai.

Cuaca Setiap Musim

Perbedaan cuaca akan kamu alami setiap musim :
~ Spring : Kamu akan mengalami campuran dari cuaca cerah dan berawan. Ada kesempatan untuk hujan, dan kesempatan kecil untuk badai.
~ Summer : Kebanyakan cuaca cerah dan berawan, tetapi ada kesempatan hujan. Kadang kamu akan menghadapi badai.
~ Fall : Kombinasi dari cerah, berawan, dan hujan dengan kesempatan badai.
~ Winter : Kamu akhirnya bisa mendapatkan cuaca bersalju sebagai pengganti hujan dan badai. Kamu juga bisa mendapatkan cuaca cerah dan berawan seperti biasa, dan terkadang badai salju.

Efek Cuaca

Kamu tetap bisa keluar rumah saat kamu menghadapi badai topan dan badai salju. Di versi Harvest Moon sebelumnya, kamu akan terjebak di dalam rumah jika cuacanya sangat buru. Di Grand Bazaar, kamu bisa berusaha keluar rumah, tetapi akan susah untuk berjalan lurus dalam seatu garis lurus. Angin akan membawamu ke kanan dan ke kiri, jadi berjalan kearah timur akan memperlambat jalanmu dan berjalan kearaha  barat akan mempercepat jalanmu.

Badai topan juga akan memperngaruhi panjangnya fishing pole yang kamu pakai. Jika kamu pergi memancing selama badai topan, pancinganmu akan jatuh lebih jauh, Short Fishing Rod akan dilemparkan ke jarak yang sama seperti kamu memancing menggunakan Medium Fishing Rod.

Waktu hujan atau badai, air hujan yang jatuh akan mengairi tanamanmu. Satu-satunya hal yang akan kamu lakukan waktu hujan adalah memanen tanamanmu jika sudah ada yang bisa dipanen.

Cuaca tidak akan mempengaruhi staminamu saat kamu menggunakan alat. Di versi sebelumnya ini adalah permasalahan (kamu memakai stamina lebih saat bekerja waktu cerah), tetapi di Grand Bazaar cuaca tidak akan mempengaruhi kesehatanmu.

Sumber : fogu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar