Sabtu, 01 Juni 2013

Harvest Moon Grand Bazaar: Hewan Ternak

Disamping menanam tanaman di kebunmu, kamu juga dapat memelihara hewan. Tidak seperti tanaman, hewan tidak akan layu dan mati pada musim dingin. Kamu dapat memiliki ayam, sapi, dan domba.
Hewan-hewan ini akan hidup di kandang yang terhubung dengan rumahmu. Diawal permainan kamu tidak memiliki hewan untuk dipelihara. Kamu dapat membeli bayi ayam, bayi sapi, dan bayi domba dari Enrique pada saat bazaar. Setelah kamu membeli bayi hewan, pada bazaar selanjutnya akan dijual hewan berukuran dewasa. Hewan-hewan tersebut dibeli dari Enrique dan kamu tidak dapat menjualnya. Setelah kamu membeli seekor hewan, hewan tersebut akan dikirim pada hari berikutnya.
Pada tahun ketiga akan ada Silkie Chicken, Sullfolk Sheep, dan Jersey Cow yang akan menghasilkan uang lebih banyak saat kamu menjualnya di bazaar. Sama seperti sebelumya, kamu harus membeli bayinya dulu sebelum dapat membeli yang telah dewasa.

Memberi Makan Hewan

Ada dua cara memberi makan hewan ternakmu: dengan menaruh pakan ternak di tempat pakan ternak atau dengan membiarkan mereka mencari makan di luar. Fodder dan chicken feed bisa dibeli dari toko Raul di kota/desamu. Jika hewan ternakmu lapar, akan muncul gambar Pet Food (kaleng berwarna merah) disamping namanya.
Membawa hewan ternakmu ke padang rumput untuk mencari makan, maka hewan tersebut baru bisa mendapat makan setelah 5 jam. Jika kamu tidak memiliki kuncing atau anjing untuk menggembalakan hewan ternakmu, maka kamu harus mengembalikan mereka ke kandang sebelum mereka tidur pada jam 9 malam.
Kamu dapat membeli bell dari Felix untuk membantumu mengumpulkan hewan-hewan. Semakin banyak hati yang dimiliki setiap hewan, semakin besar respon yang akan dierikan saat kamu membunyikan bell.
Setelah kamu memiliki 10 ayam atau 10 sapi/domba, Enrique akan menjual feed bin yang kedua masing-masing seharga 50.000 G.

Stress Hewan

Setiap hwan yang kamu punya mempunyai ukuran ketegangan/stress disamping namanya. Ukuran ketegangan/stress merupakan ukuran kesehatan hewan. Saat ukuran keteganggan/stress terisi dengan warna biru, hewan tersebut menjadi semakin tidak sehat. Jika sudah terisi sampi 50%, kesempatan hewan menjadi sakit adalah 10%. Jika sudah terisi sampai 100%, kesempatan untuk sakit meningkat menjadi 80%. Kamu bisa membeli Animal Medicine dari toko Raul di tempatmu dengan harga 1 buahnya 500 G. Jika kamu tidak mengobati hewan ternakmu, mereka akan mati. Hewan yang sakit akan muncul gambar tengkorak di atasnya jika kamu berbicara atau mengangkat hewan tersebut. Akan muncul juga di daftar hewan di blackbocard.

Hewan mati saat pagi waktu kamu bangun tidur. Kamu akan kedatangan kunjungan dari Felix, yang akan mengatakan bagaimana hewan itu mati, karena kurang perhatianmu atau karena mereka sudah mencapai waktu akhir jangka hidupnya. Hanya satu hewan yang bisa mati dalam satu hari.
Untuk mencegah hewan ternakmu dari ketegangan/stress dan untuk meningkatkan hati pertemanan mereka, taruh mereka di luar di padang rumput saat hari cerah, sering-seringlah menyikati mereka dan bicara dengan mereka, pastikan mereka mendapatkan makanan dengan baik, dan jangan memukul mereka dengan alat bercocok tanammu.

Blackboard

Jika kamu melihat blackcoard di dalam kandang, kamu akan menemukan gambar di sisi kanan setiap hewan.

 Harvest : Enrique akan memberikan Milker saat kamu membeli sapi dan Clippers saat kamu membeli domba. Gunakan alat itu kepada hewan ternakmu untuk mendapatkan susu dan wol. Kamu tidak                    memerlukan alat spesial untuk memanen telur dari ayam, kamu hanya perlu mengambilnya di sarangnya.
Pet : Belilah Brush dari Felix dan gunakan Brush ke sapi dan domba untuk merawat mereka. Untuk ayam, yang harus kamu lakukan adalah mengangkat mereka. Kamu tidak bisa menggunakan Brush  untuk ayam. 
Talk : Berdirilah di samping sapi atau domba dan tekan B untuk berbicara dengan mereka. Akan direspon dengan gambar hati atau not musik. Kamu tidak bisa berbicara dengan ayam sampai kamu   mempunyai Stethoscope. Kamu bisa membeli Stethoscope dari Felix saat bazaar setelah kamu mempunyai         Cat Bell dan Dog Bone.

Gold Items

Jika kamu mengikut sertakan hewan tearnakmu dalam Animal Festival dan menang, hewan tersebut akan secara acak dapat menghasilkan kualitas yang tinggi. Hewan biasa atau hewan yang telah memenangi Animal Festival dapat menghasilkan gold item, tetapi hewan yang telah memenangi Animal Festival mempunyai peluang lebih banyak dalam memproduksi gold items. Jika hewan ternakmu memenangi Animal Festival leih dari satu kali, maka peluang untuk secara acak memproduksi gold itempun semakin banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar