Sabtu, 01 Juni 2013

Harvest Moon Grand Bazaar : Star Rank and Freshness


Beberapa barang-barang di Harvest Moon Grand Bazaar mempunyai kualitas dan kesegaran. Kualitas adalah berapa banyak bintang yang diperoleh dari barang tersebut. Sedangkan tingkat kesegaran barang-barang di Harvest Moon Grand Bazaar secara urut adalah Super fresh, Fairly fresh, Not so fresh, Getting bad, dan yang terakhir adalah It's rotten (busuk).

Star Rank

Kualitas merupakan faktor pertama yang menentukan harga suatu barang. Kualitas akan berbeda pada setiap barang tergantung pada barang tersebut. Misalnya hasil ternak, bintang/kualitas yang didapat tergantung pada seberapa banyak hati yang dimiliki hewan tersebut. Semakin banyak hati pada hewan tersebut, semakin banyak bintang yang kita dapat.
Untuk tanaman, tergantung pada seberapa banyak fertilizer yang kita gunakan dan kualitas dari fertilizer tersebut. Untuk masakan, tergantung pada kualitas barang yang kita gunakan untuk memasak dan cooking level. Kualitas ikan yang kita pancing tergantung pada kualitas pancing yang kita pakai. Kualitas serangga dan barang-barang liar (seperti wallnut, flowers, mint, dll) tergantung pada berapa tahun  kamu memainkan game tersebut.

Freshness

Kesegaran merupakan faktor kedua setelah kualitas yang dapat menentukan harga suatu barang. Kamu akan mendapatkan uang sebesar 100% dari harga barang tersebut jika tingkat kesegarannya Super Fresh, 80% jika tingkat kesegarannya Fairly Fresh, Not so Fresh mendapatkan 60%, Getting bad mendapatkan 30%, dan jika tingkat kesegarannya "It's rotten", kamu tidak akan mendapatkan apapun.
Tidak semua barang mempunyai tingkat kesegaran. Seperti barang tambang, permata (gems), serangga, benih tanaman/pohon, dan barang olahan seperti cans of tea. Kamu dapat menyimpannya selama kamu mau.

Keuntungan Dagang

Faktor terakhir yang dapat menentukan harga suatu barang adalah lokasi dimana kamu menjual barang tersebut. Jika kamu menualnya di stan bazar milikmu, kamu mendapatkan 80% keuntungan. Jika kamu menjualnya ke toko-toko penduduk baik di kota maupun di bazar, kamu hanya akan mendapatkan 50% keuntungan.

Tingkat Kesegaran

Barang yang dapat kehilangan kesegarannya adalah hasil panen, ikan, hasil ternak (kecuali wool), masakan, barang-barang liar.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat kebusukan benda :

  • Musim : Summer adalah waktu tercepat untuk suatu barang membusuk dengan nilai poin 4. 2 untuk Spring dan Falls. Dan 1 untuk Winter (karena dingin)
  • Hitungan poin : Setiap pagi tingkat kesegaran barang dihitung berdasarkan hitungan poin barang. Ini menyebabkan berkurangnya tingkat kesegaran barang setiap hari sampai barang tersebut menjadi busuk.
  • Jenis benda : Beberapa barang membusuk lebih cepat daripada yang lain. Barang-barang liar dan susu adalah barang yang membusuk tercepat (nilai poin 3), lalu ikan (nilai poin 2), lalu masakan dan barang olahan (nilai poin 1), dan yang terakhir adalah telur (nilai poin 0)
  • Lokasi : Jika kamu menyimpan barang-barangmu di ransel, barang tersebut akan membusuk lebih cepat daripada kamu menyimpannya di tempat penyimpanan/kulkas. Gannon bisa memperbanyak tempat penyimpananmu untuk menambah nilai pengawetannya.

1 komentar:

  1. Kalau tanaman kita kasih pupuk terus.. stuck kah? Atau bisa ++ trs bintang nya (🌟 🌟 🌟..)?

    BalasHapus